JADIKAN KAMI TUNAS-TUNAS BANGSA YANG BERILMU TINGGI

Sabtu, 01 Maret 2008

KAJIAN ASPEK BIOLOGIS REPRODUKSI

KAJIAN ASPEK BIOLOGIS REPRODUKSI

Ikan kerapu sunu merupakan salah satu komoditas ekspor yang diminati oleh masyarakat luar maupun dalam negeri, sehingga penangkapan semakin menigkat .Akibatnya populasi semakin menurun,dan dikhatirkan populasi akan punah, sehinnga diupayakan untuk budidaya dan pengelolaan.
Tujuan penelitian ini untuk melakukan kajian aspek biologi reproduksi, secara morfologi (makroskopik) dan Histologi (mikroskopik). Tingakat pemanfaatan sumberdaya aikan kerapu sunu diperairan Spermonde, Sulawersi Selatan, secara morfologi (Mikroskopik) dan histologi (mikroskopik). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan februari sampai dengan bulan Juli 2005 di perairan Spermonde Sulawesi Selatan.
Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis regresi . Pengamatan gonad, indeks kematangan gonad, fekunditas secara gravimetrik, awal matang gonad secara morfologi dan tingkat pemanfaatan berdasarkan petunjuk King
Hasil yang diperoleh secara histologi menunjukkan bahwa nisbah kelamin betina, transisi dan jantan adalah 19:1:1. Perkembangan gonad secara morfologi (makroskopik) terdiri dari 4 stadia,secara histologiterdiri dari 6 satdia, stadia transisi pada ukuran panjang 48 cm dan satdia jantan pada ukuran panjang 15 cm. Indeks kematangan gonad dengan panjang total 32-65 cm adalah 0,0722-3,1710. Fekunditas diperoleh kisaran 25.681-1.384,801 butir. Diameter telur diperoleh pada kisaran antara 0,042-0,798 mm untuk TKG II dan TKG III. Ukuran rata-rata ikan bertina pertama kali matang gonad secara morfologi adlah 47,79 cm dan secara histologimatang ginad pada ukuran panjang 40-50 cm. Berdasarkan distribusi diameter telur terlihat 3-4 modus yang menunjukkan bahwa model pemijahan ikan kerapu Sunu adalah partial spanwner.
Hubungan panjang bobot memperlihatkan bahwa pertambahan panjang dan bobot tubuh bersifat isometrik . Faktor kondisi ikan kerapu sunu berkisar antara 0,38- 3,31. Fluktuasi rata-rata faktor kondisi individu diduga karena pengaruh penurunan bobot tubuh akibat pemijahan parsial. Tingkat pemenfaatan ikan kerapu sudah melampui MSY


SELAMAT DATANG DI BLOG SONEOGONDRONG@GMAIL.COM WWW.LAROSOSENG.ORG

Tidak ada komentar:

Templates-Gallery