JADIKAN KAMI TUNAS-TUNAS BANGSA YANG BERILMU TINGGI

Selasa, 26 Februari 2008

MANFAAT MAKANAN

1. Memelihara Kesehatan Alat Pencernaan
Kamu telah mempelajari berbagai hal yang mengakibatkan gangguan pada alat pencernaan. Ini berarti kita hams menghindari hal-hal tersebut. Kita juga perlu menjalankan hal-hal berikut ini.
a. Makan makanan bergizi secara bervariasi dan tidak berlebihan. Misalnya, kita tidak dilarang menikmati makanan yang pedas atau asam. Akan tetapi, alangkah baiknya jika tidak dilakukan secara terus-menerus dan berlebihan.
b. Usahakan melaksanakan pola makan yang teratur. Sebaiknya kita makan tiga kali sehari. Pertama, makan pagi sebagai sumber tenaga untuk melaksanakan aktivitas. Kedua, makan siang untuk menambah tenaga yang mulai berkurang. Ketiga, makan malam untuk memulihkan tenaga yang telah terpakai oleh aktivitas sepanjang hari. Ketahuilah, bahwa pada saat kita tidur di malam hari pun, tubuh tetap membutuhkan tenaga agar istirahat kita menjadi bermutu.
c. Makanlah dengan tenang. Jangan terlalu cepat menelan makanan. Kunyahlah makanan hingga benar-benar lumat. Ini juga berarti kita sebaiknya tidak selalu minum air untuk menelan makanan yang belum lumat. Jika kita mengunyah makanan sampai lembut, maka kerja lambung menjadi tidak berat. Lambung tidak perlu meremas-remas 1erlalu kuat atau lama.
d. Kebersihan makanan dan peralatan makan harus selalu dijaga. Sebelum dan sesudah makan, peralatan harus dicuci dengan sabun. Makanan harus bebas dari debu, lalat, dan kotoran lainnya. Buah dan sayuran yang dimakan mentah harus dicuci lebih dahulu.

2. Hubungan Makanan Dan Kesehatan
Semua makhluk hidup pasti membutuhkan makanan. Makanan sangat penting bagi kehidupan. Tidak akan ada kehidupan tanpa makanan.
Pada umumnya kita makan tiga kali sehari. Jika kita kurang makan, tubuh akan menjadi kurus, lemas, dan tidak bertenaga. Apakah yang akan terjadi apabila kita tidak makan dalam waktu yang cukup lama? Tentu saja kita akan mati kelaparan.
Tujuan dan fungsi makanan bagi tubuh kita adalah menjaga agar badan kita tetap sehat, tumbuh, dan berkembang dengan baik. Agar semua itu dapat dicapai, kita harus makan makanan yang bergizi. Makanan yang bergizi bukan berarti makanan yang mahal, enak, atau mengenyangkan saja. Makanan yang bergizi adalah makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Berbagai kandungan gizi tersebut dibagi menjadi tiga golongan berdasarkan fungsinya, yaitu:
a. Zat tenaga, terdiri dari karbohidrat dan lemak
b. Zat pembangun, terdiri dari protein dan mineral
c. Zat pengatur, terdiri dari mineral, vitamin, dan air.

3. Kandungan Zat dalam Makanan Bergizi
Zat-zat yang membuat makanan menjadi bergizi disebut zat gizi. Berikut ini diuraikan satu per satu tentang kandungan zat gizi dalam makanan.
a. Karbohidrat
Karbohidrat disebut juga hidrat arang. Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai bahan bakar yang akan menghasilkan panas dan tenaga. Oleh karena itu, karbohidrat berguna untuk menghangatkan tubuh dan menjadi sumber zat tenaga.
Tubuh kita membutuhkan karbo¬hidrat untuk segala kegiatan, baik kegiatan di luar tubuh maupun ke¬giatan organ-organ di dalam tubuh. Kegiatan di luar tubuh biasa disebut sebagai aktivitas fisik, misalnya berlari, bekerja, dan belajar. Kegiatan di dalam tubuh antara lain mencerna makanan, mengedarkan darah, bernapas, berpikir, dan mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan lagi bagi tubuh.
Makanan yang banyak mengandung karbohidrat terdapat pada jenis nakanan pokok, misalnya beras, jagung, gandum, kentang, dan ubi kayu. 3ula pasir, roti, permen, dan cokelat juga mengandung karbohidrat. Karbohidrat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber zat tenaga.
b. Lemak
Lemak di dalam tubuh juga merupakan sumber zat tenaga dan berfungsi sebagai cadangan makanan. Jika persediaan karbohidrat kita sjdah habis digunakan, maka lemak berfungsi sebagai sumber zat tenaga.
Berdasarkan sumbernya lemak ada dua macam, yaitu lemak nabati can lemak hewani. Lemak nabati berasal dari tumbuh-tumbuhan, misalnya «eapa, margarin, kacang tanah. Kemiri dan buah avokad. Lemak hewani berasal dari hewan, misalnya daging, minyak ikan, susu keju, mentega, can gajih atau lemak hewan. Lemak merupakan sumber zat tenaga cadangan dalam tubuh.
c. Protein
Zat makanan yang berfungsi sebagai zat pembangun ialah protein. Protein berperan sebagai bahan pembangun sel-sel baru bagi pembangunan jaringan-jaringan tubuh. Pada waktu sakit, banyak bagian k-sel tubuh kita yang rusak. Dengan banyak memakan makanan yang berpotensi, bagian tubuh yang rusak akibat sakit akan segera pulih kembali. Intern juga berguna untuk pertumbuhan jasmani. Bayi yang semula kecil dan lemah akan tumbuh menjadi besar dan sehat karena jaringan-jaringan bam berkembang dengan baik dalam tubuh.
Protein disebut juga zat putih telur. Zat itu terdapat pada tumbuhan dan hewan. Protein yang berasal dari tumbuhan disebut protein nabati, misalnya kacang-kacangan, jagung, tempe, tahu, dan sayur-sayuran berwarna hijau. Protein yang berasal dari hewan disebut protein hewani, misalnya susu, hati, ayam, ikan, udang, daging, dan keju. Protein berfungsi sebagai pembangun tubuh kita dan pengganti bagian-bagian (sel-sel) tubuh yang rusak.
d. Air
Air merupakan kebutuhan pokok kita sehari-hari. Air berguna untuk melarutkan zat-zat makanan, melancarkan pencernaan makanan, dan mengatur suhu tubuh. Jika kita kekurangan air, tubuh kita akan menjadi lemas dan kurang bertenaga. Hal ini disebabkan tubuh kita mengeluarkan air. Air keluar dari tubuh melalui air seni, keringat, tinja, dan melalui udara pada saat kita bernapas. Pada kondisi normal, tubuh kita membutuhkan minimal 21/2 liter air setiap hari. Kebutuhan air setiap orang berbeda tergantung dari usia dan pekerjaannya. Air yang kita perlukan adalah air yang jernih, tidak berasa, tidak berbau, dan bebas dari kuman penyakit. Biasanya air tersebut diperoleh dari sumur, ledeng, mata air, dan sebagian dari bahan pangan. Bahan pangan yang banyak mengandung air umumnya berupa sayuran dan buah, misalnya sawi, jeruk, semangka, terung, dan pepaya. Air berguna untuk melarutkan zat-zat makanan, memperlancar pencernaan makanan, dan mengatur suhu tubuh.
e. Mineral
Mineral adalah zat anorganik yang dalam jumlah sedikit diperlukan oleh tubuh. Zat anorganik adalah zat yang tidak berasal dari makhluk hidup. Mineral diperoleh dari makanan sehari-hari. Mineral diperlukan untuk pro¬ses metabolisme. Walaupun dibutuhkan dalam jumlah sedikit, mineral hams selalu ada dalam makanan. Karena bila tubuh kekurangan mineral, maka kesehatan kita akan terganggu. Di dalam tubuh, mineral berfungsi sebagai zat pembangun dan pengatur.
Mineral terdapat dalam berbagai macam bahan makanan. Namun demikian, tidak ada satu macam bahan makanan yang mengandung semua jenis mineral. Oleh karena itu, kita perlu makan berbagai macam bahan makanan sehingga kebutuhan semua mineral terpenuhi.
Mineral yang dibutuhkan tubuh antara lain:
a. Zat kapur atau kalsium, berguna untuk pembentukan tulang dm gigi
b. Zat besi, berguna untuk pembentukan sel-sel darah merah
c. Fosfor, berguna untuk pembentukan tulang-tulang dan sel-sel tdbuh pada umumnya
d. Yodium, berguna untuk mencegah penyakit gondok.
Beberapa contoh kandungan mineral yang terdapat dalam bahan makanan, diberikan berikut ini:
a. Zat kapur banyak terkandung dalam susu, ikan, dan telur
b. Zat besi banyak terkandung dalam daging, hati, kedelai, dan sayur-sayuran
c. Fosfor banyak terkandung dalam daging, susu, biji-bijian, dan sayur-sayuran

d. Yodium banyak terkandung dalam garam beryodium dan ikan laut.
Mineral berfungsi sebagai zat pembangun dan pengatur tubuh.
f. Vitamin
Vitamin merupakan kelompok zat yang berfungsi sebagai zat pengatur. Vitamin dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit, tetapi manfaatnya dalam tubuh sangat penting. Vitamin menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan mencegah timbulnya penyakit. Kekurangan vitamin menyebabkan sese-orang mudah terserang penyakit. Kekurangan vitamin di dalam tubuh disebut avitaminosis.
Jenis dan manfaat vitamin
a. Vitamin A
Vitamin A terdapat antara lain dalam wortel, pisang, tomat, sayur-sayuran segar, dan minyak ikan. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penyakit rabun senja dan kulit menjadi kusam atau kering.
b. Vitamin B
Vitamin B terdapat antara lain dalam beras tumbuk, jagung, kacang hijau, beras merah. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan pe¬nyakit beri-beri.
c. Vitamin C
Vitamin C terdapat dalam buah-buahan yang berwama kuning kemerahan, misalnya tomat, mangga, belimbing, jeruk, dan sayuran segar. Kekurangan vitamin C dapat menimbulkan penyakit gusi ber-darah, sariawan, dan bibir pecah-pecah.
d. Vitamin D
Vitamin D terdapat antara lain dalam susu dan minyak ikan. Kekurangan vitamin D mengakibatkan mudah terserang penyakit tulang (rakitis).
e. Vitamin E
Vitamin E terdapat antara lain dalam minyak nabati (misal minyak kelapa), susu, dan kecambah. Kekurangan vitamin E dapat mengakibat¬kan kemandulan.


f. Vitamin K
Vitamin K terdapat dalam sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan hati. Kekuragan vitamin K menyebabkan darah pada luka sukar membeku

4. Jenis Makanan
Kelimabelas jenis makanan ini dikenal bagai makanan amphetamine yang bekerja cepat seperti motor penghancur lemak dalam tubuh atau yang kita kenal sebagai metabolisme tubuh. Tetapi perlu Anda perhatikan bahwa booster (pendongkrak) metabolisme tubuh ini sifatnya hanya sementara.
Satu-satunya cara yang permanen untuk "membangunkan" metabolisme Anda yang sedang "tidur" adalah dengan menambah atau mengurangi berat badan, dan'membentuk otot dengan berolahraga," ungkap Janet Walberg-Rankin, Ph.D., seorang professor bidang fisiologi olahraga di Virginia Tech University, USA. Jadi bahkan jika Anda hanya mengkonsumsi sedikit dari masing-masing kelimabelas jenis makanan pendongkrak metabolisme tubuh ini, maka selama beberapa hari berat badan Anda akan tetap turun. Itupun jika Anda tak banyak beraktivitas. Bayangkan jika Anda mau berolahraga daripada hanya menunggu lapar saja? Mungkin masalah perut Anda yang buncit akan terpecahkan. Jadi, ambil sendok dan garpu Anda, waktunya makan.
Pendongkrak Metabolisme Kelompok 1: Susu, Sereal Biji-bijian Murni (Whole-grain cereal) dan Bubur Gandum (Oatmeal] Kandungan rahasia : Kalsium, karbohidrat kompleks, dan serat.
Cara kerja : Karbohidrat kompleks dan serat memompa metabolisme dengan menjaga kadar insulin tubuh tetap rendah setelah makan.
Hal tersebut sangat baik karena sifat buruk dari produksi insulin dapat mengirim sinyal ke tubuh mengisyaratkan waktunya menyimpan lemak. Akibat sinyal tersebut, tubuh harus memperlambat metabolisme untuk menimbun lemak sehingga tubuh hanya dapat membakar sedikit kalori saja. Fakta itu dinyatakan oleh Margaret McNurlan, Ph.D., seorang professor bidang nutrisi dan pengobatan di Stony Brook, State University of New York. Jadi, bubur gandum yang lamban dicerna di perut mampu mengurangi sifat buruk dari level insulin tadi.
Selain membantu mencegah sifat buruk insulin tadi, sarapan dengan 3 jenis makanan diatas juga dapat merangsang dan memacu pembakaran kalori harian Anda. Ketika para U.S. Navy meneliti tentang metabolisme dan kebiasaan makan dari sekelompok tentaranya, ternyata ditemukan bahwa yang biasa sarapan pagi dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 10 persen. "Dengan melewatkan sarapan, maka akan memperlambat metabolisme dan memancing tubuh Anda untuk menyimpan lemak," tambah Prof. McNurlan.
Kalsium dalam susu juga merupakan pemicu metabolisme tubuh. Sebuah studi dari University of Tennessee, USA. menemukan bahwa sejumlah orang-orang yang sedang berdiet yang mengkonsumsi antara 1200-1300 mg kalsium sehari dapat mengurangi berat badannya sebanyak hampir dua kali lipat daripada mereka yang lebih sedikit mengkonsumsi kalsium.
Pendongkrak Metabolisme Kelompok 2 : Cabai Jalapeno, Habanero dan Cayenne.
Kandungan rahasia : Capsaicin, yaitu zat kimia dalam cabai yang memberi rasa pedas.
Cara kerja : Mengkonsumsi ketiganya dapat mempercepat denyut jantung sehingga kalori juga lebih banyak dibakar.
Sebuah studi dari akhir tahun 1980an menemukan bahwa makan satu jenis makanan yang pedas dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 25 persen, dan bahkan pembakaran kalori masih terus meningkat sampai 3 jam sesudah Anda memakannya. Penelitian yang terkini dari Laval University di Quebec, Canada, menemukan bahwa seorang pria yang meminum kopi sambil memakan snack (makanan ringan) rasa cabai merah pedas dan sarapannya ternyata mampu membakar hampir 1000 lebih kalori sehari daripada para pria lain dalam kelompok yang dikontrol makannya.
Makanan ringan juga dapat mencegah Anda kehabisan "bahan bakar" seperti pada jam 3 sore (jam tanggung) yang banyak dikeluhkan para pekerja. "Jika Anda membatasi jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh sebagai bahan bakar, maka level metabolisme tubuh Anda sementara akan merosot," ungkap Susan Roberts, Ph.D., kepala laboratorium metabolisme-energi pada Tufts University di Boston, USA.
“Akibatnya, lemak lebih mudah tertimbun dalam tubuh dan akan lebih susah untuk dibakar kembali," tambahnya.
Pendongkrak Metabolisme Kelompok 3 : Teh Hijau dan Kopi
Kandungan rahasia : Kafein dan sebuah zat kimia bernama EGCG dalam teh.
Cara kerja : Kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Sekali lagi, semakin cepat denyut jantung Anda, maka semakin cepat dan banyak pula pembakaran kalori. EGCG dalam teh bekerja hampir sama dengan kafein, tetapi tidak sekedar mempercepat denyut jantung, namunjuga membuat otak dan syaraf bekerja lebih cepat sehingga juga membantu pembakaran lebih banyak kalori.
Di dalam penelitian, para peneliti menemukan bahwa sebuah kombinasi antara kafein dan satu dosis EGCG sebanyak 90 mg yang dikonsumsi tiga kali. sehari dapat membantu membakar kalori tambahan sebesar 80 kalori sehari. Itupun dalam kondisi tubuh tanpa aktivitas. Sebuah studi yang diadakan oleh pemerintah Canada menemukan bahwa para pasukan yang mengkonsumsi kafein 12 jam sebelum tes latihan fisik ternyata tidak hanya mampu berlatih lebih lama sebelum keletihan, tetapi juga lebih mampu menyerap oksigen ketika berlatih. Kebutuhan oksigen tubuh terkait secara langsung terhadap kecepatan metabolisme tubuh. Jadi, semakin banyak oksigen yang Anda gunakan, semakin besar pula jumlah kalori yang Anda bakar selama latihan.
Pendongkrak Metabolisme Kelompok 4 : Daging Sapi, Domba Muda, Ayam, dan Kalkun yang Tidak Berlemak
Kandungan rahasia: Protein
Cara kerja : Tubuh memerlukan lebih banyak energi untuk mencerna protein dalam daging daripada energi yang dibutuhkan untuk mencerna karbohidrat atau lemak.
Hal tersebut dinyatakan oleh Doug Kalman, R.D., direktur nutrisi pada Miami Research Associates, sebuah tempat fasilitas penelitian farmasi yang sangat terkenal di Amerika Serikat. "Itu berarti bahwa semakin banyak protein yang Anda makan, maka semakin keras tubuh Anda harus bekerja untuk mencernanya, dan semakin banyak pula kalori yang akan Anda bakar dalam proses tersebut," tambah Prof. Kalman.
Para peneliti di Arizona State University membandingkan beberapa manfaat antara makanan (diet) tinggi protein dan makanan (diet) tinggi karbohidrat. Mereka menemukan bahwa kelompok orang yang mengkonsumsi makanan (diet) tinggi protein mampu membakar kalori dua kali lebih banyak dalam beberapa jam daripada kelompok pengkonsunisi makanan (diet) tinggi karbohidrat. Bahkan, para peneliti di Denmark menemukan bahwa para pria yang mengganti 20 persen karbohidrat pada makanan mereka dengan protein ternyata lebih mampu mendongkrak metabolisme tubuh, dan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar per harinya sebesar 5 persen.
Pendongkrak Metabolisme Kelompok 5 : Salmon, Tuna, dan Sardin
Kandungan rahasia : Asam lemak Omega-3
Cara kerja : Mengkonsumsi ketiga jenis makanan tersebut dapat merubah level hormon leptin dalam tubuh.
Beberapa penelitian terkini telah membuktikan bahwa hormon leptin berpengaruh secara langsung terhadap metabolisme tubuh sehingga ikut menentukan apakah tubuh harus membakar kalori atau menyimpannya sebagai lemak.
Para peneliti di University of Wisconsin, USA. menemukan bahwa beberapa tikus penelitian berlevel hormon leptin yang rendah mempunyai metabolisme yang lebih cepat dan mampu membakar lemak lebih cepat daripada yang berlevel hormon leptin lebih tinggi. Cara terbaik untuk menurunkan hormon leptin Anda : makanlah ikan
Para peneliti dari Mayo Clinic telah mempelajari pola makan dari dua kelompok suku Afrika dimana salah satu kelompok suku sering mengkonsumsi ikan sedangkan kelompok lainnya mengkonsumsi sayur-sayuran dan jarang mengkonsumsi ikan. Hasilnya, kelompok suku pengkonsumsi ikan mempunyai level hormon leptin lima kali lebih rendah daripada kelompok suku satunya.

Berita baiknya, jika Anda tidak menyukai masakan ikan, maka suplemen minyak ikan dapat bekerja sama baiknya. Para peneliti di Perancis juga telah membuktikan bahwa para pria yang hanya mengganti sebanyak 6 gr lemak dalam makanan mereka dengan 6 gr minyak ikan, ternyata mampu mendongkrak metabolisme tubuhnya dan berhasil menurunkan berat badan sekitar 1 Kg selama.

5. Kandungan Nutrisi Nasi Putih
Nasi putih banyak mengandung karbohidrat dan air, sehingga nasi putih menjadi sumber tenaga utama yang cepat karena nasi putih mudah diserap tubuh. Namun dibandingkan dengan beberapa makanan lain, nasi putih tidak memiliki serat sebanyak nasi coklat atau nasi merah. Oleh karena itu, nasi putih adalah makanan yang kurang cocok bagi yang Anda menderita diabetes. Kenapa? Karena nasi putih mudah dicerna dengan cepat dan dapat menaikkan gula darah secara cepat pula. Jika Anda penderita diabetes, maka kadar gula darah Anda akan naik dengan cepat ketika mengkonsumsi nasi putih.
Begitu juga dengan Anda yang ingin menurunkan berat badan (weight loss) akan lebih disarankan untuk mengkonsumsi nasi merah daripada nasi putih. Karena mengkonsumsi nasi putih akan meningkatkan energi Anda secara cepat, sehingga jika energi Anda tidak segera dipakai maka tubuh akan menyimpan dan menumpuknya menjadi lemak sehingga menghambat program weight loss Anda.
Selain itu kandungan yang terdapat pada nasi adalah protein. Walaupun kandungannya kecil namun nasi putih tetap mengandung protein sekitar 2 gram per 100 gram nasi putih. Protein dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Tetapi karena jumlah proteinnya yang kecil, maka nasi putih lebih baik digunakan sebagai sumber energi utama daripada sumber protein.
Keunggulan nasi putih adalah kecilnya kandungan lemak jenuh, kolesterol dan sodium, bahkan tidak ada sama sekali. Nasi putih juga merupakan sumber yang baik untuk zat Mangan.



6. Pelangi Nutrisi Untuk Hidup Lebih Panjang
Adan mungkin sudah merasa cukup mengkonsumsi nutrisi mulai dari buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian alami untuk kebutuhan tubuh anda. Tetapi jika anda mengkonsumsi nutrisi yang sama jenisnya terus-menerus setiap hari selama 7 hari seminggu, maka itu artinya sehat! Keragaman jenis nutrisi yang anda konsumsi adalah salah satu cara yang sangat penting untuk menjaga organ-organ internal tubuh anda tetap sehat.
Berikut adalah pembahasan mengenai cara mengkonsumsi jenis-jenis nutrisi yang benar agar anda tetap sehat dan berumur panjang menurut Dr. Maoshing Ni, seorang dokter ahli pengobatan China generasi ke-38 dan juga ahli dalam bidang pengobatan anti penuaan dini menurut ajaran Tao. la juga seorang ahli acupuncture berlisensi di California, USA., dan spesialis anti penuaan berlisensi dari American Board of Anti-Aging Health Practitioner. la membuka praktek di Tao ofWellness di Santa Monica, USA., yang mengkhususkan pada penyembuhan dan pencapaian kesehatan yang optimal. la juga pendiri, mantan pimpinan, dan sekarang rektor dari Yo San University of Traditional Chinese Medicine di Los Angeles, USA.
Temukan Keragaman Nutrisi
Ketika Anda mengkonsumsi makanan bernutrisi yang sama jenisnya dari hari ke hari dan hanya yang itu-itu saja, maka tubuh Anda akan berkembang menjadi tidak seirhbang dan dapat memicu penyakit. Jangan biarkan sistem pencernaan Anda menjadi tempat tumbuhnya infeksi/ pembusukan. Kombinasikan jenis nutrisi Anda! Menurut tradisi pengobatan China, terdapat lima elemen energi yang menciptakan jagat raya, seperti halnya tubuh kita.
Kelima elemen energi tersebut adalah : kayu., api, bumi, logam dan air. Masing-masing elemen energi tersebut mewakili sebuah warna yang cocok. Misahiya kayu cocok dengan warna hijau, api dengan warna merah, bumi dengan warna kuning dan oranye, logam dengan warna putih dan terakhir air dengan warna hitam, biru dan ungu. Sebuah diet makanan bernutrisi yang seimbang terdiri dari memakan jenis nutrisi dari setiap warna tersebut setiap hari.

Sayur-mayur
Cobalah mengkonsumsi sayur-sayuran yang mewakili kelima elemen energi dan warna-warnanya tersebut. Untuk warna hijau (kayu), pilihan Anda adalah asparagus dan sayur-mayur berwarna hijau tua seperti bayam, brokoli dan kangkung. Sayur-sayuran dalam kelompok warna merah (api) adalah cabe merah, paprika merah dan bit merah. Untuk sayuran berwarna kuning dan oranye (bumi) makanlah labu oranye, labu kuning dan ubi rambat. Untuk sayuran berwarna putih (logam) adalah bunga kubis/ kol, bengkoang dan lobak. Dan untuk sayuran berwarna gelap (air) contohnya adalah terong ungu, rumput laut dan jamur hitam.
Buah-buahan dan Kacang-kacangan
Pelangi nutrisi Anda juga termasuk berbagai macam buah-buahan dan kacang-kacangan. Untuk wama hijau (kayu) : jerak lemon dan melon sebagai buahnya; lalu biji labu dan pistachios sebagai kacang-kacangan dan biji-bijiannya. Untuk buah berwarna merah (api): apel, tomat dan ceri; lalu kacang merah dan kemiri merah sebagai jenis kacang-kacangannya. Untuk buah-buahan kuning dan oranye (bumi): mangga, jeruk dan pepaya; untuk kacang-kacangannya : kacang mete dan kacang almond. Untuk buah-buahan berwarna putih (logam): pear dan pisang; untuk kacang-kacangan : kacang tanah, kacang macadamia dan kacang pinus. Kemudian buah-buahan berwarna gelap (air) : anggur, blueberry, blackberry, buah ara dan kismis. Untuk kacang-kacangan dan biji-bijiannya adalah : kenari, chestnut (kastanye/ berangan) danflaxseed (biji rami).
Buncis dan Padi-padian
Jangan lupa untuk makan beragam warna buncis dan padi-padian. Untuk jenis buncis warna hijau (kayu) : kacang panjang, kacang buncis, kacang hijau, kacang polong, miju-miju dan gandum/ serealia untuk jenis padi-padiannya. Untuk jenis buncis yang berwarna merah (api) : miju-miju merah dan kacang merah; untuk biji-bijiannya : bayam biji (amaranth) dan gandum buk/ soba. Untuk jenis buncis warna kuning/ oranye (bumi) : kacang koro/ kacang lima; lalu jagung dan millet untuk jenis padi-padiannya. Jenis buncis warna putih (logam): kacang kedelai; jenis padi-padiannya : beras dan jelai. Lalu jenis buncis warna hitam (air): kedelai hitam dan kinoa; dan beras hitam sebagai jenis padi-padiannya.
7. Melon Murah Meriah dan Berkhasiat
Anda barangkali sering meremehkan buah melon yang Anda makan. Padahal buah yang murah meriah ini mengandung banyak khasiat yang luar biasa sebagai pencegah penyakit.
Sekitar 95% daging buah melon mengandung air, sehingga bisa memberi rasa dingin dan efek yang menyejukkan. Karena mempunyai sifat menyegarkan. buah melon dapat meredakan rasa panas dalam perut. Buah melon banyak mengandung Vitamin A, B dan C serta mengandung protein, kalsium dan fosfor. Kandungan mineral pada buah melon bahkan mampu menghilangkan keasaman tubuh dan mempunyai sifat menyembuhkan sembelit. Keasaman tubuh perlu dihilangkan karena akan menggangu pencernaan, khususnya pada organ lambung.
Kandungan nutrisi buah melon adalah 15,00 mg kalsium; 25,00 mg fosfor: 0.5 mg besi: 34 mg Vitamin C: 640 mg I.U Vitamin A; dan 0.03 mg Vitamin Bl. Buah melon mengandung antikoagulan yang disebut dengan adenosine sehingga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung. Sementara itu. kandungan karotenoid buah melon yang tinggi dapat mencegah kanker dan menurunkan resiko serangan kanker paru-paru karena merapakan senyaw a utama penyerang penyakit kanker
Buah melon mempunyai daya diuretik yang sangat baik sehingga bisa menyembuhkan penyakit ginjal dan penyakit eksim yang parah dan akut. Jika dikombinasikan dengan buah lemon, maka buah melon dapat menumpas penyakit asam urat. Jadi ada baiknya Anda mengkonsumsi buah melon sehari sekali secara rutin pada pagi hari.

Jadi kesimpulannya. manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh kita adalah:
a. Sebagai antikanker.
b. Membantu sistem pembuangan dengan mencegah sembelit.
c. Menurunkan resiko serangan penyakit jantung dan stroke.
d. Mencegah penggumpalan darah.
e. Menurunkan resiko penyakit ginjal.
f. Menyembuhkan penyakit eksim.
g. Mencegah dan menyembuhkan panas dalam.

8. Alpukat Sebagai Energi
Jenis lemak yang dikandung alpukat termasuk lemak tak jenuh, sehingga mudah dicema dan berguna bagi tubuh. Kandungan lemak ini memberikan energi yang cukup tinggi dengan rasa yang gurih dan lezat serta tidak pahit.
Kandungan nutrisi dalam satu buah alpukat adalah sebagai berikut:
- 95 mg fosfor
- 23 mg kalsium
- 1,4 mg zatbesi
- 9 mg sodium
- l,3 mg potasium
- 8,6 mg niacin
- 660 I.U. Vitamin A
- 82 mg Vitamin C
Buah alpukat kaya akan mineral yang kesemuannya berguna untuk mengatur fungsi tubuh dan menstimulasi pertumbuhannya. Zat besi dan tembaga yang terkandung di dalamnya membantu proses regenerasi darah merah dan mencegah anemia.
Buah alpukat juga merupakan sumber Vitamin E dan beberapa Vitamin B. Kandungan serat buah alpukat secara simultan juga dapat membantu proses pencernaan. Buah alpukat juga dapat menurunkan kadar kciesterol yang tinggi karena mengandung karbohidrat dan lemak tak jenuh. Jadi dapat disimpulkan manfaat buah alpukat bagi kesehatan adalah:
a. Sumber Vitamin E dan B
b. Menurunkan kolesterol darah
c. Melembabkan kulit
d. Membantu regenerasi darah merah
e. Mencegah anemia
f. Mencegah konstipasi
g. Mencegah malnutrisi
h. Sumber kandungan lemak tak jenuh

9. Memilih Garam Beryodium Jangan Asal Asin
Memilih garam yang mengandung yodium memang gampang-gampang susah. Umumnya garam sudah terbungkus rapi dan kita tidak dapat menentukan kandungan yodium dengan hanya melihatatau mengecapnya. Maka dari itu, perlu dilakukan uji dengan tiga tetes cairan "lodina test." Namun cairan uji tersebut tidak tersedia di pasaran bebas. Selain itu, tidak mungkin kita melakukan uji yodium pada saat membeli garam.
Berikut ini adalah tips untuk memilih garam yang beryodium :
a. Pilihlah garam yang dikemas dan berlabel "Garam Beryodium", dengan nomor MD atau SP, isi/berat kemasan, kandungan yodium minimal 30-80 ppm, dan terdapat nama produsennya.
b. Pilihlah kemasan garam yang rapi dan tidak rusak.
c. Pilihlah garam yang berwarna putih dan kering, tidak yang lembab atau basah.
d. Belilah garam yang Anda butuhkan sedikit dahulu (kemasan kecil) untuk dicoba di rumah. Kalau perlu pilihlah beberapa merk, sebagai panduan dalam pembelian garam selanjutnya.
e. Hindarilah memilih garam bata atau briket apalagi yang tidak dikemas, kecuali telah Anda uji pada setiap bagian (luar dan dalam),
f. Apabila sudah dilakukan uji yodium terhadap merk tertentu, pembelian selanjutnya tidak perlu lagi dilakukan uji.
g. Pilihlah garam dalam kemasan kecil agar penyimpanan di rumah tidak terlalu lama dan untuk menghindari proses pelembaban akibat terbukanya kemasan.
Mudah-mudahan tips di atas dapat membantu dalam memilih garam beryodium yang berkualitas baik, sebagai upaya pencegahan timbulnya masalah gangguan kesehatan akibat kekurangan yodium.

10. Sehat dan Segar Dengan Pepaya
Buah pepaya tidak mengandung lemak dan kolesterol. Kandungan sodiumnya juga sangat rendah. Pepaya mengandung fiber dan potasium yang tinggi serta sumber Vitamin A, Vitamin C dan folat. Nilai gizi pepaya sangat tinggi. Kandungan nutrisi buah pepaya matang adalah (100 gr) :
- 49 mg fosfor
- 38,0 meg folate
- 24,0 mg kalsium
- 3 mg sodium
- 0,l mg zat besi
- 257 mg potasium
- 10 mg magnesium
- 1094 I.U Vitamin A
- 61,8 mg Vitamin C
Selain itu, lebih dari 50 asam amino terkandung dalam getah pepaya, antara lain asam aspartat, treonin, serin, asam glutamat, prolin, glisin, alanin, valine, isoleusin, leusin, tirosin, fenilalanin, histidin, lysin, arginin, tritophan, dan sistein. Kadar protein dalam buah tersebut tidak terlalu tinggi, hanya 6-10 gram per kilogram berat buah, tetapi hampir seluruhnya dapat dicerna dan diserap oleh tubuh.
Secara omum, manfaat-manfaat pepaya adalah :
- Mengandung enzim papain, pektin, Vitamin C dan karoten yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan pektin pepaya yang tinggi dapat mengatasi problem pencernaan, sembelit dan susah buang air kecil. Antioksidan ini akan menyapu bersih radikal bebasyang mengganggu keseimbangan metabolisme dalam tubuh. Pepaya dapat memperlancar keluarnya feses karena enzim papain yang dikandungnya dapat membantu pemecahan serat makanan sisa sehingga menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan.
- Daunnya digunakan untuk ramuan jamu penambah nafsu makan dengan meminum air perasannya.
- Jus pepaya juga membantu mengobati luka lambung dan mengurangi kelebihan panas tubuh.
- Selain papain, pepaya juga mengandung enzim arginin, carpain dan fibrin untuk membantu proses pembekuan darah.
- Kandungan enzim papain dalam pepaya juga berfungsi mempercepat proses pencernaan protein.
- Daun dan akar pohon pepaya dapat dimanfaatkan untuk mencegah gangguan ginjal, sakit kandung kemih, tekanan darah tinggi, dan gangguan haid (membantu memperlancar menstruasi).
- Biji dan akar kering pepaya (dicampur bawang putih) bermanfaat untuk mengobati penyakit cacing gelang, gangguan pencernaan, masuk angin, dan diare. Mengunyah satu sendok teh biji pepaya mentah dalam kondisi perut masih kosong setiap hari, dapat mencegah dan membasmi cacing serta parasit lainnya. Bisa dicampur dengan kurma atau madu bila terlalu pahit.
- Menurut Journal Society of Biology, batang dan daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang dikembangkan sebagai antikanker. Kandungan papain bersifat antitumor atau kanker.
- Kandungan senyawa karpain dalam pepaya (alkaloid bercincin laktonat dengan tujuh kelompok rantai metilen) juga ampuh menghambat kinerja beberapa mikro-organisme yang mengganggu fungsi pencernaan, sehingga efektif untuk menekan penyebab tifus.
- Kandungan asam aminonya dapat menjadi bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan kulit, menguatkan jaringan agar lebih kenyal, dan menjaga gigi dari timbunan plak.
- Daun pepaya dapat digunakan untuk melunakkan daging dengan cara membungkus daging selama beberapa jam atau cukup dengan menggosokkan daunnya. Gunanya agar getah (lateks) pada daun menyerap ke dalam daging. Saat ini sudah tersedia ekstrak getah daun dan buah pepaya. Ekstrak tersebut untuk disuntikkan pada ternak setengah jam sebelum disembelih, agar dagingnya lebih lunak. Enzim papain yang terkandung dalam ekstrak akan menghidrolisis kolagen dalam daging, sehingga menjadi kendur dan empuk.

11. Manfaat Kacang Hijau
Nutrisi Penting
Kacang hijau atau Phaseolus Aureus berasal dari Famili Leguminoseae alias polong-polongan. Kandungan proteinnya cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain; kalsium dan fosfor yang sangat diperlukan tubuh. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh, sehingga aman dikonsumsi oleh Anda yang bermasalah dengan berat badan.
Protein Nabati Tinggi
Mulailah sering-sering mengunjungi waning sunda pedagang bubur kacang hijau di mulut jalan kompleks kalau Anda tak sempat memasaknya sendiri. Ingat, kacang hijau saja, tanpa santan dan ketan hitam apalagi mie instant rebus telur yang berminyak dan berbumbu pekat itu.
Kacang hijau mengandung protein tinggi, sebanyak 24%. Dalam menu masyarakat sehari-hari, kacang-kacangan adalah alternatif sumber protein nabati terbaik.
Selain protein tinggi, kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau juga bermanfaat untuk memperkuat tulang.
Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menyebabkan bahan makanan/minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah tengik. Tapi itu bukan alasan bagi Anda untuk membiarkannya seharian tanpa tersentuh. Lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi yang penting untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

12. Wortel Rebus dan Antioksida Super
Apa yang pertama terlintas dalam pikiran Anda saat melihat wortel? Bobo, si kelinci pahlawan masa kanak-JL Jitkanak Anda itu atau hasil belanjaan piknik ke Lembang dan Puncak? Menurut kami, jawabannya adalah kesehatan total. Wortel tidak hanya segar dimakan mentah tapi juga bisa dikukus kemudian dilembutkan dibuat semacam/>«ree kentang. Cara memasak seperti itu terbukti tidak mengurangi nilai gizinya. Bahkan kandungan antioksidannya jadi lebih banyak, demikian hasil penelitian dari Universitas Arkansas.
Ahli gizi, Profesor Luke Howard dan asistennya, S.T. Talcott dan C.H. Brennes mengukur kadar antioksidan pada wortel segar dan wortel yang sudah dikukus. Hasilnya wortel yang sudah dikukus mengandung kadar antioksidan lebih tinggi diband'ng wortel segar. Hasil penelitian ini juga dilaporkan lialam Journal of Agricultural and Food Chemistry, yang dipublikasikan The American Chemical Society.
"Jadi anggapan sayuran segar itu lebih sehat, tidak selalu benar," tambah Howard.
Howard dan koleganya memasak wortel tersebut dengan dan tanpa kulit luarnva. Kemudian mengukur aktivitas antioksidan selama empat minggu lebih. Parameter yang diukur adalah subtansi antioksidan. seperti asam fenolik dan betakaroten. Seperti diketahui, antioksidan bisa menetralisasi radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, Alzheimer, dan masalah pencernaan.
Para peneliti menyebutkan bahwa kadar antioksidan meningkat 34,3% segera setelah proses pemasakan selesai dan bertambah terns selama satu minggu kemudian. Setelah itu menurun, tapi masih tetap lebih tinggi kadarnya dibanding kadar .antioksidan pada wortel mentah.


13. Besi Diluar, Besi Didalam
Jangan cuma mengangkatnya Anda juga harus menelannya kalau ingin terlihat sukses di gym. Zat besi dalam darah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh sangat penting buat Anda. Agar diet tetap berjalan tanpa harus meninggalkan unsur zat gizi di dalamnya, ada baiknya Anda pertimbangkan petunjuk diet kaya zat besi berikut:
Makan Kentang Plus Kulitnya
Jangan kupas potong-potong saja! Kulit kentang yang selama ini sering Anda abaikan ternyata mengandung lima kali lipat zai besi dibanding daging kentangnya sendiri. Karena tingginya kadar zat besi ini, cobalah selalu menyertakan kentang bersama kulitnya dalam olahan masakan Anda.
Hindari The
Selain air mineral, teh juga kerap Anda pesan saat Anda makan. Jika ini sering Anda lakukan, coba mulai mengurangi kebiasaan tersebut. Minum teh saat dan setelah makan sangat tidak dianjurkan karena kandungan tannic acid yang terkandung di dalam teh bisa menghambat penyerapan zat besi dalam makanan yang dikonsumsi.
Pilih Rori Gandum
Roti gandum atau whole wheat bread ini memang selalu jadi andalan pelaku diet. Roti gandum mengandung serat tinggi, anti-oksidan, fitoestrogen (yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan kanker), vitamin, mineral dan juga zat besi. Selain itu, roti gandum juga memiliki cita rasa yang lebih khas dibanding roti putih (roti biasa).
Jangan Jauhi Daging
Cobalah tetap berkawan dengan daging. Daging, entah itu daging sapi, ayam, dan ikan mengandung banyak zat besi. Begitu juga di dalam jeroan seperti hati, jantung, dan ginjal menyimpan segudang zat besi yang dibutuhkan tubuh.
Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang polong, kedelai, dan buncis mengandung cukup banyak zat besi, selain tinggi protein. Dalam 100 gram kacang mengandung protein antara 8-17%, zat besi (1-5 mg) dan kalsium (14-102 mg).
Bayam
Masih ingat kartun Popeye yang menjadi "senjata" ibu Anda untuk memaksa Anda makan sayur saat kecil dulu? Seorang pelaut perkasa yang doyan menyantap sekaleng bayam. Ini bukan imajinasi pencipta karakter Popeye semata, karena ternyata bayam memang mengandung zat besi dalam jumlah yang sangat tinggi. Jadi, jangan ragu sertakan bayam dalam setiap daftar menu mingguan Anda.
Buah
Selain mengandung vitamin C, buah prune mengandung banyak zat besi yang lebih banyak dibanding apel dan pepaya. Dalam segelas jus prune terdapat 3 miligram zat besi.
Tiram
Jika selama ini tiram lebih dikenal sebagai makanan pendorong gairah seksual, ada baiknya Anda mulai memasukkan tiram dalam menu mingguan Anda karena tiram mengandung 4,7 miligram zat besi per gramnya.

14. Makanan Sehat Tersedia di Sekitar Anda Bahkan Sering Tanpa Anda Ketahui
Masalah : Sakit Kepala
Pencegahan : Makanlah Ikan!
Banyak banyaklah makan ikan minyak omega 3 dan 6 alami yang terkandung di dalamnya juga terbukti mampu mengurangi resiko sakit kepala. Ikan salmon, tuna, mackerel, dam sarden juga sangat berguna untuk rnencegah arthritis atau radang sendi. Sudah banyak dibuktikan oleh kawan kawan berkulit pucat Anda di daerah daerah dingin seperti Islandia, Greenland, atau daerah sekitar Kutub Utara.
Masalah : Demam Akibat Alergi Rumput Kering (Hay Fever)
Pencegahan : Coba Yogurt!
Demam seperti ini biasanya menyerang Anda dan keluarga saat berlibur di daerah yang banyak ditumbuhi rumput dan sialnya, rumput tersebut kebetulan sedang berbunga atau dalam masa penyerbukan. Seringlah mengkonsumsi yogurt karena kandungan bakteri baik di dalamnya seperti streptococcus salivarius dan lactobacillus mampu menekan pertumbuhan virus.
Masalah : Serangan Stroke
Pencegahan : Minum Teh!
Jauh sebelum Anda lahir, teh telah banyak dikonsumsi oleh orang-orang Cina dan Jepang sebagai bagian dari budaya maupun pengobatan. Cegah penimbunan deposit lemak pada dinding arteri dengan minum teh paling baik the hijau - secara teratur. Teh juga memperbaiki nafsu makan Anda.
Masalah : Insomnia
Pencegahan : Santap Madu!
Penggunaan madu sebagai pengganti gula bisa membantu Anda cepat bertemu kekasih masa SMA lalu di alam mimpi. Vitamin A yang terkandung di dalam madu juga berkhasiat mengatur sel-sel syaraf Anda termasuk merilekskannya dalam bentuk istirahat malam yang cukup.
Masalah : Asma
Pencegahan : Makan Bawang!
Konsumsi bawang baik bawang merah, bawang putih, atau bawang bombay sanggup meringankan tekanan yang menyesakkan pipa dan katup saluran pemapasan Anda, membuat Anda megap-megap kehabisan oksigen. Di pedalaman Amerika Serikat pada abad ke-19, sering ditemui ibu-ibu yang meletakkan irisan bawang ke atas dada anak-anak mereka yang menderita asma dan sesak napas.
Masalah : Gangguan Perut
Pencegahan :
Redakan Dengan Pisang
Dan Jahe!
Buah yang sering mengisi gymbag Anda ini baik untuk perut karena teksturnya yang lunak dan berserat serta kandungan energi instantnya sanggup menggantikan menu makan pagi Anda. Kadar mineral besinya juga sangat tinggi, selain betakaroten, vitamin B dan vitamin B6. Sedangkan jahe diseduh sebagai minuman panas mampu mengobati morning sickness (mual pada pagi hari) dan nausea.
Masalah : Infeksi Kandung Kemih
Pencegahan : Minum Jus Cranberry!
Well, mengingat betapa seriusnya penyakit ini, kami harap Anda tidak gegabah dan menggantungkan nasib kantung kencing Anda pada buah cranberry saja. Kandungan asam yang tinggi pada jus cranberry akan membantu mengontrol bakteri merugikan dalam kandung kemih. Sisanya - yang lebih rumit – serahkan pada dokter.
Masalah : Nampaknya Ada Yang Kurang Beres Dengan Tulang
Pencegahan : Makan
Nanas!
Beberapa puluh tahun lalu, orang orang Thailand makan nanas muda untuk menjarangkan kehamilan. Sekarang Anda makan mineral mangan yang ada pada nanas matang untuk menjarangkan titik-titik kerapuhan pada tulang.
Masalah : Ingatan Mulai Bermasalah
Pencegahan : Makan Tiram!
Kandungan mineral seng dalam tiram bukan hanya akan memperbanyak sperma Anda, tapi juga makin banyak yang bisa Anda ingat dengan otak yang sering diasup seng. Anda akan mampu mengingat nomor ponsel SPG mobil SUV yang barusan Anda ajak mengobrol itu di luar kepala.
Masalah : Pilek
Pencegahan : Makan Bawang Putih!
Makanlah bawang putih secara teratur dalam jumlah yang direkomendasikan dokter atau ahli kesehatan - bukan koki. Keuntungan jangka pendek yang akan selalu Anda rasakan adalah jarang mengalami pilek atau flu. Oh ya, bawang putih juga bisa menurunkan kadar kolesterol Anda.
Masalah : Batuk Menggelegar
Pencegahan : Makan Cabe Merah
Oh, tentu kami juga punya nurani dengan tidak begitu saja menganjurkan Anda menelan mentah-mentah cabe merah menyala itu. Satu bahan yang menyerupai salah satu kandungan dalam sirup obat batuk adalah cabe merah.
Bagaimana kalau ulekan cabe merah dalam sambal? Terdengar lebih masuk akal kani
Masalah : Kanker Paru-paru
Pencegahan :
Makan Sayuran Hijau
Gelap, Oranye dan Jeruk! Saatnya Anda buang semua kotak rokok dan cerutu itu jauh-jauh. Bangun pagi-pagi, lantas belilah sayur dan buah - terserah dimana Anda mendapatkannya. Antidot yang baik bagi kanker adalah betacarotene, bentuk Vitamin A yang ditemukan dalam sayuran hijau gelap dan oranye.
Masalah : Borok dan Bisul
Pencegahan: Makan Kubis dan Kol!
Borok dan bisul..hmmmm, memangnya tidak ada penyakit lain yang terdengar keren? Tapi bila Anda sudah terlanjur mengalaminya, ya mdahlah. Kami sarankan Anda sering mengkonsumsi kubis atau kol. Tingginya kandungan vitamin C dalam kubis dapat mencegah timbulnya skorbut (scury) mempercepat sembuhnya luka. Kandungan zat.aktifnya, sulforafan dan histidine dapat menghambat pertumbuhan tumor bisul termasuk tumor kecil dan mencegah kanker kolon.
Masalah : Diare
Pencegahan : Makan Apel!
Mungkin Anda belum tahu kalau sebagian masyarakat Amerika Selatan mengatasi sendiri masalah diare mereka dengan memanggang apel utuh dengan kulitnya sampai berwarna kecoklatan. Apel panggang itulah yang mereka gunakan untuk mengatasi gangguan diare.
Masalah : Arteri Yang Tersumbat
Pencegahan : Makan Alpukat!
Ya, fitnessmania yang terhormat. Kami yakin Anda semua telah mengetahui bahwa monounsaturated fat yang terkandung dalam alpukat bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Masalah : Tekanan Darah Tinggi
Pencegahan : Makan Seledri dan Minyak Zaitun!
Minyak zaitun well, siapa yang belum tahu khasiatnya? Bila olive oil digunakan sebagai minyak masak, tekanan darah Anda akan berangsur-angsur menjinak. Seledri juga mengandung senyawa untuk memperkecil tekanan darah juga. Caranya dengan memelihara kelenturan pembuluh darah sehingga tak mudah menyempit.
Masalah : Ketidakseimbangan
Gula Darah Pencegahan : Makan Brokoli dan Kacang!
Kandungan mineral kromium dalam brokoli dan kacang sanggup mengatur dan menetralkan insulin serta gula darah.


15. Mari Ke Rak Buah
1. Buah : Kiwi
Manfaat : Kecil tapi perkasa. Sumber potasium, magnesium, vitamin E dan serat yang baik. Diperlukan 2 buah jeruk untuk menandingi kandungan vitamin C dalam sebutir kiwi.
2. Buah : Apel
Manfaat : Kandungan vitamin C-nya memang tidak sebanyak jeruk, tetapi kandungan antioksidan dan flavonoid yang memperhebat aktivitas vitamin C boleh diadu Apel juga sanggup mengatasi resiko kanker kolon, serangan jantung. dan stroke.
3. Buah : Strawberry
Manfaat : Buah yang sangat melindungi. Kalau Anda menginginkan tameng antioksidan terkuat dipasang dalam pertahanan Anda, ambillah banyak-banyak buah strawberry ke dalam keranjang Anda. Klan berry acalah buah antioksidan terbaik yang pernah ada dan paling terkenal di dunia kesehatan - terutama jenis blueberry.


4. Buah : Jeruk
Manfaat : Buah terpopuler dan terenak. Makan 2-4 butir per hari dan singkirkan semua pilek, kolesterol, batu ginjal, dan resiko kanker kolor. itu!
5. Buah : Semangka
Manfaat : Nikmat sekali digigit saat udara sedang panas-panasnya. Terdiri dari 92% air. sisanya glutathione, lycopene, vitamin C dan potasium. Oh ya, kalau Anda peduli terhadap kehalusan kulit Anda, kandungan SPF alaminya cukup mampu membuat Anda rela mengesampingkan bobot buah ini.
6. Buah : Jambu Biji dan Pepaya
Manfaat : Keduanya menyabet sertifikat vitamin C tertinggi. Pepaya kaya karoten yang baik untuk kesehatan mata Anda, selain itu juga diperkaya dengan kandungan serat yang banyak digunakan orang untuk memperlancar konstipasi.
















16. DAFTAR PUSTAKA

Buku Ilmu Pengetahuan Alam Jilid 5 Nutrist, 13 Agustus 2007.

Nutrist, 30 Juli 2007.

Nutrist 31 Juli 2007 Vitamin dan Suplemen Lengkap Free Magazine, 26 Oktober 2007.

Free Magazine, 28 Mei 2007.

Gerbang Majalan Pendidikan Kesehatan Jasmani Edisi 2 Tahun II Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Templates-Gallery